Minggu, 02 Desember 2012

Settling New Pigeon - Pengenalan Kandang Untuk Merpati Baru



Settling New Pigeon
Pengenalan Kandang Untuk Merpati Baru

Paling mudah untuk memelihara burung baru memang yang terbaik adalah umur 28-35 hari, dimana 28 hari dimana mereka masih diloloh oleh induknya tapi sudah bisa mengenal makanan itulah umur terbaik. Umur burung seperti ini paling mudah untuk dikenalkan kandang baru, bahkan dibawah 5 hari burung bisa dilepas keluar kandang. Biasanya umur burung 28-35 hari keluar kandang hanya menclok sana, menclok sini tidak terbang ngawang mengudara, tetapi hindari membuka kandang berbarengan dengan burung dewasa, jika ada burung dewasa biarkan mereka mengudara, 30 menit kemudian baru bisa lepaskan anakan burung baru. Biasakan melepas burung dalam keadaan lapar untuk mengenalkan mereka bahwa makan dan minum hanya ada dalam kandang.

Settling anakan yang lebih tua
Sebuah pertanyaan jika kita memiliki merpati baru yang sudah agak tua.
Jika merpati baru kita umur 1,5 bulan – 4 bulan menurut pengalaman saya adalah masih mungkin dilakukan pengenalan kandang baru, tentunya pengalaman saya didukung oleh pengetahuan tentang pengalaman orang lain. Jika mereka belum keluar kandang dan tidak pernah melihat sekeliling kandang asal, maka akan lebih mungkin untuk settle kandang baru. Tetapi jika tidak dilakukan settling yang baik maka umur merpati yang lebih dari 4 minggu akan punya resiko kehilangan lebih besar. Naluri homing merpati pos itu tergantung pada garis keturunan. Settling pada kasus ini minimal adalah 15 hari.
Kita bisa mencoba settle mereka dengan kandang baru dengan pengenalan kandang dengan method control feeding dalam artian membiarkan mereka lapar ketika di setting. Sampai mereka menyadari bahwa kandang ini adalah salah satu tempat yg menyediakan mereka makan dan minum. Praktek ini harus terjadi beberapa kali sampai burung itu menyadari bahwa satu-satunya sumber makanan dan air hanya ada di kandang barunya.

Cara settling ada 3 macam :
-         - Manual
-         - Aviary permanen atau semi permanen
-         - Under net

Manual
Cara manual adalah dengan menjemur merpati di depan kandang, kemudian jika sudah waktunya merpati dimasukan ke kandang melalui pintu trap secara manual ( menangkap satu persatu ). Cara ini adalah cara paling sederhana dengan tingkat stress yang lebih tinggi karena di perlukan tangkap menangkap, dan merpati tidak secara naruliah masuk kandang dengan kesadaran sendiri.
Manual Settling

Aviary permanen atau semi permanen
Cara ini adalah dengan membuat aviary / jemuran didepan pintu trap ( pintu trap dalam keadaan tertutup). Sewaktu yang ditentukan kita buka penutup pintu trap dan burung dipanggil untuk makan dan merpati akan masuk kedandang dengan kesadaran sendiri.
Aviary Settling
Under net
Cara ini hamper mirip dengan cara ke dua dimana merpati masuk kekandang dengan kesadaran sendiri. Tetapi aviarynya lebih luas hingga merpati masih leluasa untuk terbang didalam aviary. Cara ini menurut saya adalah paling efektip.
Under Net
 * Settling pada One Loft Race / Kandang Bersama
Pada umumnya di dunia memakai tipe Aviary atau under net hanya lama waktu settlingnya berbeda-beda.
Tahun 2012 saya menjabat sebagai ketua pelaksana Kandang Nasional 2012 dan sekaligus mengadakan Kandang Bersama BRPC Loft 2012, kedua Kandang ini menggunakan sistem Under Net / Sistem jarring. Walau sistem yang saya pakai banyak menimbulkan kontraversial, tapi saya memakai sistem bukan atas dasar kebodohan dan tanpa perhitungan baik-buruknya.
One Loft Race BRPC
Alasan utama saya memakai sistem ini diantaranya adalah
-    1. Meminimalisir angka hilangnya merpati, disamping umur merpati yang tidak sama juga waktu pengiriman yang tidak bersamaan.
-   2. Agar permainan lebih fair, karena semua merpati terbang mengudara dalam waktu bersamaan.
-   3. Mempermudah pengurus, karena jumlah merpati adalah ratusan akan memberatkan pengurus kandang jika menggunakan sistem manual. Belum lagi jika pengurus teledor burung yang belum waktunya dilepas sudah terlepas. Jadi sistem jaring bukan “sistem pemalas” karena sistem ini punya dampak yang baik.
-    4. Meminimalisir angka stress, sedikitnya tangkap menangkap burung bisa menekan angka stress, dan merpati akan belajar keluar masuk kandang secara alami.

Pada Kandang Nasional pengiriman merpati awal November hingga akhir Desember 2011 dan untuk BRPC Loft merpati dikirim pada bulan Desember hingga akhir Januari 2012. Kedua kandang ini dibuka jaring pada awal Maret 2012 ( umur merpati berkisar antara 3-4 bulan).
Landasan utama saya mencontoh One Loft Race (ORL) Tenerife dimana ORL tahun 2008, 2009, 2011 masa pengiriman merpati pada ORL ini adalah dari awal bulan April hingga akhir September dan semua merpati dilepas bersamaan dibulan bersamaan setelah masa settling kloter pengiriman terakhir selesai, maka ada burung yang dilepas sudah melebihi umur 5 bulan. Dan Tenerife ini memulai latihan jarak pada awal desember.
Juga negara Thailand dalam One Loft Race Thailand Grand Pigeon Race menerima pendaftaran dalam 7 bulan, setlling burung umur 2-3 bulan.

Landasan kedua adalah yang saya tangkap dari schedule pola makan produk ternama NATURAL dimana merpati dilepas terbang pada umur 3 bulan dengan rincian dimana burung dilepas keluar untuk keluar kandang setelah 8 minggu setelah disapih ( umur penyapihan 1 bulan + 8 minggu = 3 bulan ).
total 12 week
Inilah sedikit pembahasan penanganan pengenalan kandang baru untuk burung baru. Jika ada pertanyaan sistem ini bisa digunakan tidak untuk burung tua ( lebih dari 4 atau lebih). Burung yang pernah terbang keluar kandang bahkan pernah lomba ataupun burung bibit. Rehoming adalah hal yang sulit karena rasanya keberhasilannya seperti main lotre.
Sebuah etiket yang tepat adalah jika Anda diberi burung atau membeli burung yang sudah berumur, yang anda perlu lakukan terbaik untuk mengurus burung dengan benar, dan tidak membiarkannya terbang keluar kandang (harus di kurung). Saya sangat menekankan untuk menjaga merpati tua yang kita dapat dari orang lain tetap dalam kandang. Biarkan hanya burung muda yang terbang.

Salam Merpati Pos Indonesia
AruLman

4 komentar:

  1. Info yang menarik gan. saya cuma bisa bilang... GoogLuck...
    Sukses buat webnya :) makasih juga sudah dibolehkan meninggalkan Jejak :)


    Setiyono
    http://www.jayabhaya.com/2013/09/jayabhaya.html
    princsetiy@yahoo.com
    from : Yogyakarta Special Region

    BalasHapus
  2. Trims info nya sya juga lagi belajar memelihara merpati.INFO YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA SEBAGAI PEMULA

    BalasHapus
  3. Trims info nya sya juga lagi belajar memelihara merpati.INFO YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA SEBAGAI PEMULA

    BalasHapus
  4. Trims kakak, saya copas di blog saya ya om...
    MAkasih...:)

    BalasHapus