Sabtu, 29 September 2012

Tentang Kandangku – AruLman Loft


Tentang Kandangku – AruLman Loft

Butuh proses panjang sampai terlaksananya saya membuat kandang merpati pos
Tahun 90an saya pernah membaca sebuah buku tentang merpati pos milik teman. Dari buku ini saya kenal merpati pos walau belum pernah melihat atau memegang burungnya secara langsung, dari buku itu saya membuat kandang sesuai uraian buku tersebut. Ketika itu saya masih duduk di bangku sekolah, waktu senggang saya buat kandang panggung, ada trap system, pintu keluar burung, pintu akses kita masuk kedalam kandang semua sistem yang saya baca di buku itu benar saya aplikasikan untuk membuat kandang. Kandang sudah jadipun selama setahun belum pernah terisi merpati pos karena ketidak tahuan dimana memperoleh merpati pos dan mengingat nilai uang yang terbatas bagi seorang pelajar, kandang itu malah menjadi perangkap merpati lokal milik tetangga masuk terjebak tidak bisa keluar setiap sore saya lepas burung-burung yang terperangkap masuk. Sampai akhirnya kandang itu tidak pernah terisi dan rusak.

Bulan-bulan terakhir tahun 2010 saya terjangkit penyakit CLBK “cinta lama bersemi kembali” untuk hoby merpati pos yang sudah lama saya idamkan. Saya belajar menuntut ilmu secara serius dan focus tentang hoby ini. Membangun banyak pertemanan dari hoby ini, membantu teman untuk sebuah desain kandang, membantu teman untuk memperoleh burung baik dari breeder baik. Lucunya saya belum bisa menjalani hoby ini karena tidak ada lahan untuk membuat kandang, seseorang kadang ada yang kecewa ketika mengetahui saya belum punya kandang apalagi pelihara pos jadi terkesan “OMDO” dan “SOTOY” tapi itulah sebuah realita banyak yang kenal dan belajar merpati pos melalui saya, walau saya belum pelihara.
Bulan May 2011 saya bertekat untuk membuat kandang, meminta ijin kepada orang rumah membuat dak diatas kamar mandi dan dapur. 23 may 2011 dibantu para tetangga mengecor dak seluas 2,3x6 meter hanya itu lahan yang diijinkan.
Recana Desain
Rencana desain kandang adalah 4x1,5 meter(total 2 meter 0,5 meter sebagai aviary. Bagian A. adalah Hen & Young Bird section (kandang penerbang betina dan burung muda), bagian B. adalah Cock section (burung penerbang jantan), bagian C. widowhood section, bagian D. Breeding section.
Dengan keterbatas lahan tapi tetap memaksimalkan fungsi dan tujuan tetap diutamakan.
Rangka
Semua rangka dari bahan bekas peti kemas harga lebih terjangkau dengan kantong dan kwalitas tetap OK. Semua rangka saya potong tanpa bantuan tukang, untuk instalasinya dibantu mertua saya.
Tampak depan
Keindahan kandang yang sederhana terhalang oleh atap rumah, mengingat space yang sempit.
Hen & YB section
Ide perches dari YB section adalah dari negara-negara eropa, space hanya 17 centi meter. Perches model ini juga kita aplikasikan di Kandang Bersama BRPC Loft.
Cock Section
Untuk Cock section sama seperti YB section hanya saja sekat-sekatnya bisa di copot ide ini diambil dari Tenerife.
Widowhood / Breeding section
Inside
Antara section terhubung pintu, gambar diatas diambil dari YB section semua pintu penghubung dibuka. Walau kandang terlihat dari luar rapat tertutup rapat tapi didalam terlihat punya pencahayan yang baik dan sirkulasi udara yang baik.
Instalasi Listrik
Aviary / tempat berjemur
Feeder
Traping System
Itulah sekelumit tentang kandang saya AruLman Loft diisi merpati pada akhir bulan juli 2011. Alhamdulillah tahun pertama pada lomba 2012 bisa melalahir juara di Kandang Nasional dan Klub.
Dalam hobby merpati pos ini space lahan bagaimanapun keadaanya pasti ada jalan untuk memulai hobby ini.
Kecuali yang menjadi faktor terbesar adalah adanya larangan dari pihak intern atau extern, disini anda perlu keberanian mengambil sikap, pendekatan, perijinan dll.
Jika semua kendala sudah teratasi yang perlu anda perhatikan adalah konsep untuk planning pembuatan kandang dengan kondisi lahan yang ada.
System management Kandang Merpati pos adalah bagian investasi besar menuju kesuksesan, oleh karena itu persiapan matang dalam sebuah konsep kandang sangat penting hingga kedepannya tidak adanya bongkar-bangun karena salahnya konsep, ingat kandang baik belum tentu harus mahal.
Selamat datang untuk para pendatang baru dalam dunia merpati pos dan tetap semangat karena anda pasti bisa meraih kesuksesan jika dimulai dengan awal yang baik "Benar sejak Semuala"
Jika anda butuh bantuan tentang bagaimana kandang jangan sungkan menghubungi saya, saya dengan senang hati membantu.

Salam Merpati Pos Indonesia
AruLman

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. wah di bojonegoro ada beberapa pemain disana mungkin bapak bisa ikutan disana

    BalasHapus
  3. Setelah Baca sana sini artikel tentang mpos saya jadi berminat pada mPos
    Sya yusup dari kebumen jawatengah yang ingin saya tanyakan
    1 dimana saya bisa mendapatkan sketsa kandang yang ideal
    2 dimana bisa mendapatkan indukan yang bagus tapi dana minim
    terima kasih sebelumnya
    salam Mpos mania

    BalasHapus