Jumat, 28 September 2012

Apa itu Kandang Bersama / One Loft Race


Kandang Bersama / One Loft Race

Kandang Bersama “One Loft Race” adalah sebuah istilah kandang yang di huni oleh berbagai peserta dari berbagai breeder menempatkan anak burungnya yang sudah berumur  kurang lebih 30 hari dalam satu kandang tersebut dimana anak burung itu akan dilatih di bawah satu pelatihan, satu sistem dan di bawah perawatan dan kondisi yang sama (tidak ada ramuan ajaib atau rahasia dalam lomba ini). Perlombaan ini dianggap cara terbaik untuk menentukan garis keturunan yang terbaik. Hal ini dianggap metode yang paling adil untuk membuktikan mana keturunan atau peternak yang terbaik.
Burung-burung semua dibawa ke titik pelepasan yang sama dan mereka kembali ke kandang  yang sama, jadi karena itu adalah burung tercepat untuk menyelesaikan perjalanan dari A ke B. One Loft Race sekarang menjadi sangat populer di seluruh dunia dimana peternak bisa  membandingkan garis keturunan mereka terhadap peternak lain.

Arona-TENERIFE One Loft Race 
Di Indonesia model lomba kandang bersama belum diminati dan belum menjamur seperti di luar negeri. Kandang bersama di Indonesia yang paling popular sejak dulu adalah Kandang Nasional, pernah juga ada kandang bersama Ponorogo dan pada tahun 2012 lahir kandang bersama BRPC Loft.
Kandang Bersama BRPC Loft
Siapa yang ingin mencari tahu burungnya termasuk bibit unggul atau tidak bisa mencoba kirim anakan merpati dari bibit yang kita punya ke system kandang bersama.
Peternak yang sering juara di Klub ( kandang rumahan ) belum tentu sukses di sistem kandang bersama, karena lomba klub yang paling dominan berperan adalah management pemeliharan sang peternak.
Peternak yang sukses adalah yang bisa sukses di Klub dan dan sukses di Kandang Bersama. Ada hal lucu yang pernah saya dengar “ kandang bersama hanya untuk burung jarak pendek / Short Distance”. Maka saya katakan kita melombakan burung muda. Prof Alfons Anker berpendapat Otot merpati akan cukup rusak setelah 600 km. Jika kualitas otot diprogram untuk maksimum 600 km, disarankan untuk lomba jarak hanya maksimum 300 -500 km. Merpati akan terbang cepat pada jarak ini, kita dapat mengandalkan merpati ketika menemui hal sulit misal gangguan predator yang membuat arah menjadi jauh, atau ketika cuaca buruk tiba-tiba membuat hal-hal yang lebih berat dari biasanya. Jadi merpati mempunyai cadangan.

Berbagai One Loft Race Di Dunia dan jarak tempuhnya

Arona-TENERIFE - Tenerife
300 km
Balkanic Fair Play One Loft Race - Romania
505km
Europa Classic One Loft Race - UK
240 miles / 386 km
Texas Showdown - USA
400 mile / 640 km
Texas Gusher - USA
350 mile /563
German open - german
350KM
EMERALD CLASSIC UK
300 KM
derbycartaxo
350KM
Allflight One loft Race - South-Africa
587km
Alpine Lofts One loft race - Ireland
240 mile / 386 km
American Showcase - USA
235 Mile / 378 km
As Golden Pigeon race - Greece
445 km
Australien One loft Race - Australia
500 Km
Belgian Master - belgia
460 KM
Califorina One Loft Race - USA
300 Mile / 480 km
Mercedes Classic - USA
300 mile /480 km
winner cup - USA
350 mile / 563 km
America's International Challenge - USA
350 mile / 563 km
China Beijing Eijerkamp Cuiwei One Loft Race 2011 - China
500 KM
Kalimanci International Championship
430 KM
Kandang Nasional - Indonesia
530 KM

Itulah sekilas info pentingnya mengikuti sistem Kandang Bersama untuk mengetes keunggulan bibit merpati yang kita miliki. Jadi aneh sekali yang menganggap sitem kandang bersama hanya untuk burung jarak dekat tapi merpatinya saja tidak mampu bersaing alias hilang dalam sistem ini.

Salam Merpati Pos Indonesia
AruLman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar